More

    Keunggulan Jaringan Fiber Optik

    Ada begitu banyak keunggulan jaringan fiber optik. Fiber optik sendiri adalah produk teknologi yang muncul karena kebutuhan akan traffic dalam penggunaan jasa telekomunikasi.

    Di masa sekarang, masyarakat membutuhkan peningkatan jasa telekomunikasi, bukan hanya kuantitasnya namun juga kualitasnya. Jadi, dikembangkan teknologi baru untuk memberikan layanan penyaluran informasi lebih banyak dalam waktu lebih cepat

    Teknologi fiber optik berbentuk kabel yang menggantikan peran kabel logam berbahan tembaga atau alumunium. Kehadirannya memberikan lebih banyak manfaat bagi masyarakat.

    Daftar Keunggulan Jaringan Fiber Optik

    Di masa sekarang, terasa wajib untuk beralih ke fiber optik apabila ingin meningkatkan kualitas internet. Ini adalah komponen penting dalam infrastruktur komunikasi modern. Berikut beberapa keunggulannya dibandingkan dengan teknologi sebelumnya.

    1. Transfer Data Sangat Cepat

    Salah satu keunggulan jaringan fiber optik ialah mempunyai kecepatan transfer data begitu tinggi. Ketika ada di keadaan ideal, kemampuan kecepatannya dekat dengan kecepatan cahaya, yakni kira-kira 299.792 kilometer per detik.

    Akan tetapi, dalam praktik nyata, kecepatan transfernya biasa diukur menggunakan standar Gigabit per detik (Gbps). Tidak jarang, penghitungannya menggunakan standar Terabit per detik (Tbps).

    Lantas, apa manfaat dari kecepatan ini? Anda bisa mendapatkan manfaat transmisi data dalam jumlah besar dengan waktu begitu cepat. Hal ini berlaku untuk berbagai aktivitas terkait internet.

    Keunggulan ini memungkinkan Anda untuk mengunduh file berukuran besar, streaming video berkualitas tinggi hingga melakukan beragam kegiatan online lain secara lancar.

    Ketika menggunakan infrastruktur telekomunikasi dan jaringan internet, teknologi ini memberikan kestabilan serta kecepatan untuk download hingga upload. Jadi, cukup menguntungkan ketika aktivitas download maupun upload sama-sama cepat.

    Anda akan bisa mengunggah file, mengirim email bersama lampiran besar, menjalankan video konferensi maupun berbagi data lain. Semuanya dapat dilakukan dalam waktu cepat tidak kalah cepat dari aktivitas download.

    Melalui teknologi ini, pengguna bisa menggunakan beragam aplikasi yang memerlukan kecepatan upload. Misalnya saja cloud computing, backup data hingga layanan streaming langsung.

    Tidak berhenti sampai di situ, keunggulan jaringan fiber optik yang tidak kalah menarik adalah menawarkan kestabilan transmisi tinggi. Jadi, jaringan internet tidak akan mudah terputus atau kualitas menjadi turun.

    Jika suatu jaringan internet hanya memberikan manfaat kecepatan download dan upload tinggi tanpa kestabilan transmisi tentu akan terasa kurang sempurna. Misalnya sedang upload file besar namun tiba-tiba jaringan melemah lantas proses upload gagal.

    2. Kapasitas Besar

    Keunggulan Jaringan Fiber Optiknya adalah menawarkan kapasitas besar dalam transmisi datanya. Bukan sekedar menawarkan kecepatan tinggi untuk para penggunanya.

    Kapasitasnya biasa diukur menggunakan standar bit per detik (bps) maupun standar kapasitas link, yakni jumlah total data yang bisa ditransmisikan mengandalkan kabel di rentang waktu tertentu.

    Banyak faktor yang berpengaruh pada kapasitas kabel fiber optik dalam teknologi infrastruktur telekomunikasi dan jaringan internet. Di antaranya adalah jumlah serat optic, tipe seratnya hingga teknologi transmisi.

    Ketika diaplikasikan, kabel tersebut bisa mempunyai kapasitas link hingga Gigabit per detik (Gbps), Terabit per detik (Tbps), bahkan lebih tinggi.

    Misalnya saja, kapasitas yang dimiliki adalah 1 Gbps, maka dapat mentransfer kira-kira 1 miliar bit data per detik. Contoh lainnya ketika mempunyai kapasitas 10 Gpbs, maka bisa mentransfer kira-kira 10 miliar bit data per detik.

    Semakin besar kapasitasnya tentu menjadikan pengguna dapat mengirim maupun menerima data dalam jumlah lebih besar. Misalnya saja file berukuran besar, video berkualitas tinggi maupun aplikasi dengan kebutuhan bandwidth tinggi.

    Terkait kapasitas besar ini sudah bukan menjadi rahasia lagi. Sudah banyak pihak yang mengetahui bahwa salah satu keunggulan jaringan fiber optik adalah bisa mengantarkan data dengan kapasitas besar sampai gigabyte per detik.

    Jadi, ada banyak perusahaan tertarik untuk menggunakan teknologi ini. Khususnya perusahaan yang bergerak dalam bidang internet dan telekomunikasi. Mereka bisa menetapkan bandwidth tinggi sesuai keperluan.

    3. Jarak Transmisi Jauh

    Keunggulan jaringan fiber optik yang tidak kalah menarik ialah mempunyai kemampuan dalam mentransmisikan sinyal data untuk jarak jauh. Di sisi lain, tidak akan terjadi penurunan yang signifikan.

    Untuk jarak transmisinya dapat berbeda pada setiap penerapan teknologinya. Jaraknya akan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, misalnya saja serat optic, teknologi transmisi hingga keadaan lingkungan.

    Biasanya untuk jarak transmisi cukup jauh digunakan model serat tunggal (single-mode fiber). Kabelnya akan mampu mentransmisikan sinyal data sampai beberapa ratus kilometer. Tidak diperlukan perangkat penguat sinyal.

    Jarak yang bisa ditempuh oleh transmisi ini menjadikan koneksi jaringan mampu mencakup area luas. Bukan hanya koneksi antar kota maupun lintas negara. Bisa juga hingga lintas benua.

    Berbeda lagi dengan model serat ganda (multimode fiber). Umumnya dipakai untuk jarak transmisi lebih pendek, misalnya saja pada gedung atau area sempit. Model tersebut digunakan dalam jarak transmisi yang lebih terbatas.

    Jarak transmisinya biasanya hanya beberapa ratus meter sampai beberapa kilometer. Kemampuannya dipengaruhi oleh jenis serat dan teknologi yang dipakai.

    Keunggulan jaringan fiber optik terkait transmisi ini bisa dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Misalnya saja kekuatan sinyal, kualitas hingga sambungan serat. Perubahan kondisi lingkungan juga berpengaruh misalnya saja perubahan suhu atau tekanan.

    4. Ketahanan Tinggi

    Teknologi ini mempunyai tingkat ketahanan tinggi terhadap beragam hal yang memberikan pengaruh pada kualitas transmisi sinyal. Perlu Ada tahu bahwa ada banyak hal yang menjadi gangguan pada suatu kabel infrastruktur telekomunikasi dan jaringan internet.

    Pertama, keunggulan jaringan fiber optik adalah tahan terhadap gangguan elektromagnetik yang umum menimpa kabel tembaga. Jadi, sinyalnya tidak akan dipengaruhi oleh medan elektromagnetik eksternal. Jadi, mempunyai kestabilan lebih tinggi.

    Mengingat teknologi ini mengandalkan cahaya dalam mentransmisikan data, bukan listrik. Jadi tidak perlu khawatir akan terdampak gangguan elektromagnetik.

    Cocok menempatkannya pada lingkungan yang dekat dengan pembangkit listrik maupun peralatan elektronik lain. Sama sekali tidak akan terpengaruh oleh medan elektromagnetik eksternal.

    Kedua, teknologi tersebut tahan terhadap korosi. Umumnya serat optic menggunakan bahan baku kaca atau plastik. Jadi, bisa tahan dari kerusakan karena kelembaban, air maupun bahan kimia lain.

    Mengingat keunggulan jaringan fiber optik punya ketahanan yang tinggi, sangat cocok menjadikannya sebagai bagian dari infrastruktur telekomunikasi dan jaringan internet. Tidak perlu takut kabelnya terdampak oleh gangguan eksternal.

    Akan tetapi, bukan berarti lantas membiarkan kabelnya mengalami kerusakan fisik begitu saja. Tetap perlu dilakukan penanganan untuk mencegah permasalahan pada kualitas transmisi sinyalnya.

    Mengingat ketahanannya tinggi, sudah banyak perusahaan besar yang tertarik menggunakannya. Terutama juga karena terhindar dari gangguan electromagnetic noise yang muncul dari perangkat radio, motor maupun kabel transmisi lain.

    5. Solusi Jangka Panjang

    Keunggulan jaringan fiber optik lainnya adalah bisa menjadi solusi jangka panjang. Mengingat kehadirannya mampu mendukung beragam kebutuhan di masa depan yang senantiasa berkembang.

    Sebut saja kecepatan tinggi, kapasitas besar hingga kemampuan transmisi data dalam jarak jauh. Kehadirannya mendukung pertumbuhan penggunaan internet dengan kualitas tinggi dan perkembangan teknologi yang semakin maju.

    6. Ukuran Kecil dan Ringan

    Fiber optik mempunyai diameter dengan lebar 12 mikrometer. Kabelnya punya kandungan serat kaca dengan jumlah ratusan. Tidak hanya itu, terdapat sejumlah lapisan di dalam kabel ini.

    Untuk lapisan paling dalam, berupa lapisan inti serat kaca. Lantas, terdapat lapisan kaca lainnya dengan nama cladding yang berfungsi sebagai pelindung inti serat kaca.

    Lapisan tabung buffer menjadi pelindung cladding. Sementara lapisan jacket adalah lapisan paling akhir dengan tugas sebagai pelindung setiap helai serat.

    Keunggulan jaringan fiber optik selain diameter tipis adalah ukurannya kecil dan ringan. Keunggulan ini memudahkannya untuk dipasang maupun didistribusikan. Dapat menjangkau daerah yang jauh dari pusat kota.

    Perlu Anda tahu juga bahwa serat kaca dan plastik dalam kabel ini punya serat lebih halus daripada sehelai rambut. Jadi, komponennya benar-benar kecil dan tipis.

    7. Maintenance Murah

    Kabel fiber optik membutuhkan biaya perawatan tergolong murah. Anda dapat membandingkan biaya perawatannya dengan kabel tembaga dengan panjang yang sama.

    Anda tidak perlu mengganti produk teknologi ini terlalu sering. Jadi, bukan hanya maintenance murah. Namun pemeliharaannya juga tergolong lebih mudah.

    Dalam penggunaan suatu produk teknologi tentu tidak bisa hanya fokus pada kualitasnya. Namun juga perlu memikirkan tentang biaya perawatannya. Semakin murah biaya perawatannya tentu semakin baik.

    8. Keamanan

    Keamanan adalah keunggulan jaringan fiber optik yang sangat menguntungkan. Teknologi ini dapat terhindar dari penyadapan. Sangat berbeda dari kabel tembaga.

    Kabel tembaga sendiri jauh lebih mudah disadap karena efek antena yang dimilikinya. Tentu keamanan ini tidak kalah penting dari kualitas kecepatan transfer data maupun kapasitas besar.

    Tidak hanya lebih aman dari penyadapan. Teknologi ini juga lebih aman dari kebakaran. Mengingat cara kerjanya yang tidak mengalirkan tegangan listrik.

    Seperti yang Anda tahu, ketika suatu produk teknologi memerlukan arus listrik sangat mungkin terjadi risiko konsleting listrik. Risiko lebih besar yang mungkin terjadi adalah kebakaran.

    Sebenarnya karena tidak adanya aliran listrik ini juga menjadikan kabel fiber optik tidak terpengaruh oleh gangguan sinyal elektromagnetik. Jadi, jangan heran apabila teknologi ini terbebas dari gangguan sinyal elektromagnetik maupun sinyal radio.

    9. Menampung Lebih Banyak Perangkat

    Keunggulan jaringan fiber optik juga termasuk mampu menampung lebih banyak perangkat. Anda bisa mendapatkan kemampuan menampung banyak perangkat dalam waktu bersamaan tanpa risiko kehilangan kualitas jaringan.

    Keunggulan ini sangat diperlukan sebab biasanya jaringan internet diperlukan untuk banyak perangkat sekaligus. Misalnya saja untuk keperluan rumah perlu menyambungkan jaringannya dengan smartphone, laptop hingga komputer.

    Anda bisa merasa tenang karena dapat menghubungkan semuanya dengan internet dalam waktu yang sama. Selain itu, kualitas jaringan di semua perangkat juga tetap stabil.

    10. Validitas Data Terjamin

    Keunggulan jaringan fiber optik lebih dari sekedar kestabilan dan kecepatan akses. Anda juga akan terhindar dari risiko kehilangan data. Jadi, validitas data yang ditransfer akan terjamin.

    Mungkin ada kekhawatiran ketika kecepatan akses tinggi lantas muncul risiko kehilangan data. Tidak perlu mengkhawatirkannya karena validitas data tidak akan terpengaruh.

    11. Mendukung Jaringan 5G

    Terakhir, produk teknologi ini dapat mendukung jaringan 5G. Mengingat transmisi datanya begitu cepat. Jadi, Anda bisa mengakses internet dengan lebih cepat.

    Berbagai kelebihan fiber optik menjadikannya sebagai pilihan terbaik untuk beragam kebutuhan. Keunggulan jaringan fiber optik mampu mendukung penggunaan pada komunikasi data, internet, TV kabel hingga telepon.

    Recent Articles

    spot_img

    Related Stories

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox